Mata Pelajaran Seni Budaya Ditambah 2 Jam

Mata Pelajaran Seni Budaya Ditambah 2 Jam
Penulis : Riana Afifah | Rabu, 27 Februari 2013 | 22:00 WIB

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA
Siswa SMP Negeri 13 Surabaya belajar membatik di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/12). Kegiatan yang diselenggarakan sekolah tersebut untuk menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap seni budaya bangsa sendiri.
JAKARTA, KOMPAS.com — Selain mata pelajaran Agama yang mendapat tambahan porsi jam pertemuan pada kurikulum baru, mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya juga mendapat tambahan jam menjadi empat jam pertemuan dalam sepekan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, jam mata pelajaran ini ditambah dua jam agar para siswa memiliki kesempatan untuk mempertajam kreativitasnya.

Selain itu, muatan lokal yang yang ada dalam kurikulum baru mendatang juga diserahkan sepenuhnya pada daerah masing-masing. Dengan demikian, mata pelajaran yang dimasukkan ke dalam muatan lokal bisa beragam, baik pelajaran Bahasa Daerah maupun Seni Tari.

“Namanya saja muatan lokal, jadi biar daerah yang mengisi. Mau tari, bahasa, atau apa saja, ya boleh saja,” kata Nuh saat dijumpai seusai Pemberian Penghargaan “Dokter Kecil-Mahir Gizi” di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Namun, penambahan mata pelajaran dalam muatan lokal ini tetap harus mempertimbangkan substansinya, yaitu menjaga kebudayaan dan peradaban Tanah Air. Hal ini sekaligus membantah adanya dugaan bahwa kurikulum baru ini hanya fokus pada ilmu pengetahuan.

“Jadi, dimungkinkan sekolah untuk memberi tambahan selama substansinya sesuai. Kurikulum ini hanya desain minimum,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: