MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PORTOFOLIO SERTIFIKASI GURU

MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PORTOFOLIO SERTIFIKASI GURU

Nama Media : Alat Peraga Peristiwa Terjadinya Siang dan Malam

Nama Sekolah : MI ALI MUNIR

Mata Pelajaran : IPA

Kelas/Semester : IV/2

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)

A. Standar Kompetensi:

9. Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi

B. Kompetensi Dasar:

9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi

C. Indikator:

1. Menjelaskan penyebab terjadinya siang dan malam

2. Menemukan peristiwa terjadinya siang dan malam melalui hasil percobaan dengan bola dan lilin menyala yang disimulasi menjadi bumi dan matahari

3. Mempresentasikan hasil percobaan di depan teman-temannya dengan menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif.

4. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan mengamati peristiwa terjadinya siang dan malam hari di lingkungan tempat tinggalnya.

D. Alat dan Bahan Pembuatan Media:

1. Bola Plastik

2. Spidol Marker

3. Jarum

4. Penghapus Pensil dari Karet

5. Lilin

6. Korek Api

E. Prosedur Pembuatan Media: (Cara/langkah-langkah, Gambar, Desain, dst)

1. Bola Plastik dimodelkan menjadi bumi dibagi menjadi 4 bagian dengan memberi tanda A, B, C, dan D dengan spidol marker (gambar 1).

2. Pasang bola plastik di atas karet penghapus dengan menggunakan jarum (gambar 2).

3. Lilin dim odelkan sebagai cahaya matahari, dan dipasang di depan bola dengan jarak sekitar 15-20 cm dan nyalakan dengan korek api (gambar 3).

4. Membuat panduan urutan pelaksanaan percobaan, tabel hasil pengamatan, dan pertanyaan pembahasan (lampiran 1).

F. Prosedur Penerapan: (urutan penerapan tahap demi tahap di kelas)

1. Guru menjelaskan alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan percobaan (gambar 1).

2. Siswa membentuk kelompok kooperatif sesuai petunjuk guru.

3. Siswa memperhatikan demonstrasi guru cara menggunakan alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan percobaan.

4. Siswa melakukan kegiatan percobaan peristiwa terjadinya siang dan malam sesuai panduan (gambar 2).

5. Siswa menuliskan dan menganalisis data hasil percobaan pada tabel dan menjawab pertanyaan pembahasan.

6. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kegiatan percobaan kelompok di depan kelas dan memajang hasil karyanya pada pigura pajangan di tembok kelas (gambar 3).

7. Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap pekerjaan kelompok yang sedang presentasi.

8. Siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran dengan panduan dari guru.

9. Guru memberi penugasan kepada siswa mengamati keadaan cahaya pada saat fajar, siang hari, sore hari, dan malam hari di lingkungan tempat tinggalnya.

2 Komentar »

  1. rahma Said:

    thanks infonya

  2. neehyunjoong Said:

    triyono???????
    wkwkwkwkwkwk
    blogmu elek….kakeyan njaraki cewek ae!~!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: