Alat Peraga Murah, Periskop Sederhana

Alat Peraga Murah, Periskop Sederhana

Disaat kebanyakan masyarakat Indonesia kesehariannya disuguhkan berita kekerasan,demonstrasi dimana-mana,keributan massa dan peristiwa anarkis lainnya yang terjadi di Tanah Air kita, waktu terbuangpercuma hanya karena kalah atau tidak mau kalah dalam sengketa tanah,pilkada, dan sebagainya.

Bukankah lebih baik melakukan hal positif untuk anak bangsa dengan berkarya?. Tanggal 10 sampai 12 Juni 2008, PSBG Karya Mandiri Guru melaksanakan roll-out IW secara mandiri,menghasilkan karya mandiri guru berupa Alat Peraga Murah (APM) “Periskop” yang dapat dipergunakan dalam teaching and learning untuk mata pelajaran IPA SD. APM ini lahir untuk memperkuat Pembelajaran “Penerapan Sifat Cahaya”. Alat ini dapat digunakan untuk mengintai atau melihat benda-benda di balik tembok, sebagai reflikasi sederhana periskop yang pernah dipakai di kapal selam. APM hasil karya Ibu Rahmawati dari SD Kartika Wirabuana 1dan Ibu St.Rasdiana Rajab dari SD Inpres Bertingkat Mamajang III dapat dilihat pada gambar yang diperlihtkan oleh Pak Supriadi salah seorang fasilitator roll-out IW secara mandiri.

Alat/bahan yang digunakan relatif murah dan mudah didapatkan,yaitu:kardus bekas,cermin datar 2 buah ukuran relatif kecil,lem/selotip,busur derajat, dan gunting serta kertas biasa HVS atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.

Cara Pembuatan:

  1. Sediakan dua macam cermin datar,kardus bekas, dan alat pendukung lainnya.

  2. Bagilah kardus menjadi empat bagian yang sama.

  3. Buatlah dua buah persegi kecil.

  4. Potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yang lain.

  5. Lipatlah kardus membentuk tabung dan rekatkan dengan selotip.

  6. Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip. Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap kebawah.

  7. Silahkan mencoba,berkreasi dan penuh inspirasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: